Bahaya Tekanan Darah Tinggi pada Masa Kehamilan

Bahaya Tekanan Darah Tinggi pada Masa Kehamilan - Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sangat wajar menyerang seseorang. Penyakit ini dipicu oleh banyak faktor, baik faktor keturunan maupun faktor dari luar. Faktor dari luar misalnya saja adalah stress, depresi, kecapekan, dan masih banyak lainnya. Darah tinggi biasanya menyerang mereka yang telah menginjak umur dewasa.

Bahaya Tekanan Darah Tinggi pada Masa Kehamilan

Dalam kasus kali ini kita tidak akan membahas mengenai penyakit darah tinggi saja, melainkan kita akan membahas apa saja bahaya tekanan darah tinggi pada masa kehamilan. Mengingat masa hamil adalah masa yang sangat rentan terhadap beberapa penyakit.

Berikut adalah ulasan mengenai bahaya tekanan darah tinggi pada masa kehamilan.

1. Berkurangnya suplai darah ke plasenta

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan terhambatnya suplai darah ke palsenta. Ini berarti suplai oksigen dan nutrisi penting lainnya juga berkurang. Bila tekanan darah Anda semakin tinggi, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan si janin. Sehingga hal ini menyebabkan resiko bayi lahir dengan berat badan kurang dan pertumbuhan sedikit terhambat akibat kekurangan oksigen dan nutrisi.

2. Resiko placental abortion

Tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan terjadinya placental abortion. Peristiwa ini terjadi bila plasenta terputus dari rahim sebelum waktunya, oleh karena itu si janin akan kehilangan suplai oksigen dan nutrisi. Disisi lain placental abortion menyebabkan pendarahan hebat pada ibu hamil.

3. Kelahiran bayi prematur

Tekanan darah yang cukup tinggi membuat temperatur dalam rahim terasa lebih panas dan juga menyebabkan bayi lebih cepat keluar akibat tekanan dari dalam. Sehingga bayi lahir dalam keadaan prematur.

Untuk mencegah terjadinya darah tinggi saat hamil adalah Anda harus menghindari beberapa makanan dan minuman yang dapat memcu terjadinya darah tinggi. Misalnya saja Anda jangan mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol. Karena minuman yang mengandung 2 jenis zat kimia tersebut bisa memicu tekanan darah Anda menjadi lebih tinggi.

Selain itu konsumsilah makanan sehat, jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung hidrat dan garam berlebih yang bisa menimbulkan takanan darah tinggi. Makanlah sayuran dan buah-buahan sebagai sumber vitamin untuk kesehatan Anda dan janin. Selain itu jangan merokok selama hamil atau hindari orang yang merokok. Karena asap rokok berpengaruh sangat buruk bagi kesehatan janin.

Demikian adalah paparan mengenai bahaya tekanan darah tinggi pada masa kehamilan. Kami sajikan fakta dan informasi seperti ini agar Anda bisa mencegah hal buruk selama kehamilan dan mengetahui bahaya apa saja yang bisa mengganggu masa kehamilan Anda. Sehingga Anda tahu hal-hal apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan.

Tetaplah menjaga pola hidup sehat, konsultasikan pada dokter bila ada hal yang dikeluhkan. Hamil sehat adalah awal bayi yang kuat.

0 comments