Inilah Beberapa Penyebab Anak Ngompol

Apa kabar Bunda, bagaimana kabar si buah hati, apakah masih mengompol? Yok sama-sama kita bahas hal yang berkaitan dengan mengompol, pasti menarik dan asyik, apalagi bila si buah hati yang seharusnya tidak mengompol, eh ternyata masih mengompo. Kita cari tau apa saja penyebab anak ngompol yuk!
Penyebab Anak ngompol
Bunda, mengompol itu punya istilah medisnya lho, yang dikenal dengan sebutan nocturnal enuresis, kondisi ini kondisi umum yang terjadi pada banyak anak, dan terkadang juga terjadi pada orang dewasa. Ada lebih kurang sepuluh persen anak-anak berusia sekitar 5 tahunan ternyata masih membasahi tempat tidur mereka hampir setiap malam. Wah, jelas kebiasaan mengompol pada anak pasti deh membuat bunda sebagai orang tua akan mengalami frustasi. Dan biasanya nih bunda ketika orang tua mengalami frustasi bukan tidak mungkin orang tua akan memarahi si buah hati bahkan ada yang sampai memukulnya sehingga yang terjadi adalah si anak mungkin akan muncul perasaan bersalah, perasaan takut dimarahi, malu, bingung dan sedih dengan kebiasaanya tersebut.

Bunda, mengompol sesungguhnya bukanlah kesalahan anak. Alangkah lebih bijaksananya bila sebaiknya bunda tidak langsung memarahi dan menghukum si anak apabila anak mengompol. Bunda tentu tidak ingin anak bunda merasa bermasalah atas sesuatu yang tidak dapat ia kendalikan. Memarahi dan memberikan hukuman pada si anak hanya akan memperburuk masalah. Lebih baik bunda mencari solusi cara menanggulangi masalah tersebut.

Kebiasaan mengompol ini bukan saja bisa terjadi di rumah, tapi bisa juga terjadi ketika si anak di sekolah. Kebiasaan mengompol ini harus segera bunda atasi karena kalau dibiarkan, tanpa ada penanggulangan segera dapat membuat anak rendah diri dan malu. Perasaan rendah diri alias minder, malu dan dan sedih dapat menimbulkan masalah-masalah baru di kemudian harinya, bukan tidak mungkin si anak akan diejek teman-teman sekolahnya, merasa tidak percaya diri ketika si anak berada diantara teman-temannya, tidak berani menginap di rumah saudaranya atau ikut kegiatan berkemah dengan teman-temannya.

Mari kita cari tahu penyebab anak ngompol baik itu di sekolah ataupun di rumah :

  • Mungkin si anak ada permasalahan pada kandung kemih (tempat menampung urinenya) yang menyebabkan si anak harus buang air kecil lebih sering, padahal pada saat kencing yang keluar hanya sedikit urine saja.
  • Anak belum bisa menahan air kencing di kandung kemih, hal ini menjadikannya tidak menyadari kebutuhan buang air kecil, bangun dari tidur dan pergi ke kamar mandi. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa si anak belum siap secara fisik karena sistem tubuhnya belum sempurna.
  • Anak belum terbiasa pergi ke kamar mandi sendiri karena biasanya selalu dibantu oleh bunda dalam hal melepaskan dan mengenakan pakaian.
  • Anak tidak berani kepada gurunya kalau ia mau minta izin ke kamar mandi karena ingin buang air kecil.
  • Letak kamar mandi atau toilet jauh dari kelas si anak, udah terpencil terkadang gelap lagi yang membuat si anak merasa takut pergi sendirian.
  • Perbedaan antara toilet sekolah dengan toilet di rumah, bisa jadi anak bunda tidak merasa nyaman dengan model WC (jongkok atau duduk).
  • Perasaan Cemas dan tidak aman pada si anak, karena ditinggal cuti pengasuhnya, adanya adik yang baru lahir, atau keluarga baru pindah ke rumah yang baru.
  • Kebersihan toilet di sekolah yang digunakan oleh banyak orang tidak sebersih toilet yang dimilikinya di rumah, menyebabkan anak tidak suka untuk menggunakan toilet di sekolah.

Bunda, bagi anak-anak yang pada saat siang hari sudah terlatih untuk menggunakan toilet mungkin tidak memiliki kebiasaan mengompol. Tapi Sementara itu bila pada malam hari karena jam tidur yang panjang, untuk menjaga celana tidak basah dan tetap kering sampai bangun pagi adalah keterampilan yang sulit dikuasai anak. Apalagi saat anak tertidur sangat pulas alias nyenyak. Anak belum mampu menguasai keahlian untuk bisa menahan kencing, bangun dari tidurnya dan pergi ke toilet ketika kandung kemihnya penuh.

Bunda harus bisa meyakinkan si anak bahwa mengompol adalah masalah yang umum terjadi pada anak-anak seusianya. Dan beri dukungan kepadanya dan juga katakan serta jelaskan kepadanya bahwa ia pasti bisa mengatasi masalah mengompol tersebut.

Itulah beberapa penyebab anak ngompol yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.