Mengenali Tanda Kehamilan Bermasalah

Tanda Kehamilan Bermasalah - Memiliki bayi adalah harapan semua pasangan, khususnya yang baru saja melangsungkan pernikahan. Banyak sekali yang akan dilakukan oleh semua pasangan untuk mendapatkan keturunan. Namun memang tidak dapat dipungkiri, ada yang mengalami gangguan untuk mendapatkan keturunan. Ada yang memang dikaruniai anak dalam waktu yang panjang, ada juga yang mengalami permasalahan pada saat kehamilan.

Adanya permasalahan saat kehamilan pada umumnya mempengaruhi janin sehingga tidak jarang terjadi perkembangan yang abnormal pada janin pada saat mengalami masa pertumbuhan, bahkan dalam beberapa kejadian, janin yang dikandung memiliki resiko tinggi untuk meninggal.

Tanda Kehamilan Bermasalah

Dalam artikel ini akan kita bahas beberapa permasalahan dalam kehamilan sehingga Anda dapat mengenali adanya tAnda-tAnda kehamilan bermasalah dan merencanakan kehamilan Anda dengan lebih tepat dan sehat. Tentu artikel ini ditulis bukan untuk menakut-nakuti Anda yang kebetulan memiliki tAnda yang sama, tapi semua hal tetap harus Anda konsultasikan ke dokter yang menangani kandungan atau bidan, karena semua hal tetap harus dikonfirmasi oleh ahlinya.
  • Saat merasa hamil, pada umumnya Anda akan merasa mual dan terkadang hingga muntah. Kejadian ini akan mengganggu asupan nutrisi untuk janin Anda, khususnya apabila Anda juga mengalami gangguan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Gangguan ini juga akan berpengaruh penuh pada kesehatan Anda sendiri sehingga janin akan menerima imbasnya.
  • Pada saat usia kehamilan menginjak dari satu hingga tiga bulan, pada umumnya akan diikuti oleh kram pada tubuh. Kram yang terjadi dalam waktu lama dan tidak terkontrol dapat memicu terjadinya keguguran pada kandungan.
  • Munculnya bercak atau flek pada usia kandungan trimester pertama mungkin masih dikategorikan sebagai tAnda kehamilan normal, tapi perlu diingat bahwa Anda juga harus teliti mengenai hal ini. Apabila bercak atau flek yang keluar dalam jumlah yang banyak disertai dengan rasa sakit pada bagian vagina, hal ini adalah salah satu gangguan pada kehamilan yang patut diwaspadai.
  • Adanya rasa panas saat Anda buang air kecil tentu memiliki banyak penyebab, tapi ada baiknya hal ini juga diwaspadai dan diperhatikan untuk menghindari kemungkinan Anda mengalami infeksi saluran kencing yang akan mengganggu kehamilan Anda.
  • Adanya kontraksi yang berlebihan saat kehamilan baru menginjak usia trimester kedua juga perlu diperhatikan karena hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius untuk kandungan Anda yang dapat mengakibatkan terjadinya kelahiran prematur.
  • Adanya pembengkakan pada beberapa anggota badan juga termasuk dalam tAnda gangguan kehamilan, hal ini tentu akan menyebabkan Anda tidak dapat beraktivitas dengan normal menggunakan semua bagian tubuh Anda sehingga ada kemungkinan akan ada gangguan pada janin dikarenakan oleh hal ini.
  • Hal yang paling penting yang perlu Anda perhatikan adalah gerakan bayi di dalam kandungan. Setiap kandungan normal pasti akan ada pergerakan, apabila tidak ada gerakan maka Anda perlu segera memeriksakan kondisi janin Anda.
Di atas adalah beberapa gangguan kehamilan yang seringkali ditemukan. Walaupun bentuk gangguan tersebut rata-rata kecil dan mungkin sering terabaikan, tidak menutup kemungkinan justru gangguan tersebut akan mempengaruhi kondisi kehamilan Anda. Ingat, semua gangguan atau ketidaknyamanan Anda sebaiknya dikonsultasikan ke dokter atau bidan yang Anda percaya karena semua masalah seputar kandungan tetap harus diperiksa dan ditangani oleh tangan yang ahli.

Semoga bermanfaat.